Mystery Inti Atom




Atom merupakan bagian terkecil dari suatu materi. Ada apa sajakah di dalam atom ? berdasarkan penelitian yang panjang dari berbagai ilmuwan hebat dunia, di dapat hasil bahwa Atom terdiri dari partikel sub atom yaitu proton, neutron, dan elektron. Dimana proton dan neutron adalah partikel pembentuk inti atom. Proton bermuatan positif, elektron bermuatan negatif, dan neutron tidak bermuatan alias netral.
Sebagaimana yang telah kita ketahui, berdasarkan hukum Coulomb bahwa apabila 2 benda didekatkan akan terjadi reaksi. Yaitu 2 benda bermuatan sejenis akan saling tolak-menolak dan yang berbeda muatan akan tarik-menarik. Berdasarkan teori tsb APAKAH ANDA TERPIKIR DENGAN INTI ATOM  ? Inti atom terdiri dari proton dan neutron. Mengapa tidak ada gaya tolak-menolak antar proton ? Dan kalau memang ada gaya tolak-menolak, Mengapa inti atom tidak pecah karena gaya itu ? Itulah yang menjadi misterinya.
Ternyata ada suatu energi yang mengikat semua partikel di inti atom sehingga dapat mengurangi gaya tolak menolak antar proton, bahkan menjadikan atom stabil. Energi tsb disebut Energi Ikat Inti. Dari manakah energi itu ? ternyata setelah diteliti, bahwa masa inti dan massa penyusun inti tidak sama, atau ada selisih (Defek Massa). Jadi ada massa yang hilang. Ternyata berdasarkan formula Einstein E=MC2 ada hubungan antara massa dan energi. Massa yang hilang itu berubah menjadi energi yang disebut energi ikat inti. Sehingga Atom menjadi stabil.

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...