Nobel Prize 2011






Berbicara mengenai penghargaan Nobel memang tidak ada habis – habisnya. Ya, penghargaan yang satu ini dianggap sebagai penghargaan paling bergengsi dan paling diimpikan oleh semua orang. Penghargaan nobel terbagi menjadi 6 bidang, yaitu : Nobel Kedokteran, Fisika, Kimia, Perdamaian, Literatur, dan Ekonomi.
           Bagi seorang ilmuwan, rasanya kurang pas, apabila belum mendapatkan penghargaan ini. Karena, hampir seluruh ilmuwan besar dunia pernah memenangi penghargaan ini, seperti Albert Einstein, Marie Curie, Ernest Rutherford, Max Planck, Paul Dirac, Enrico Fermi dll. Selain bidang sains, masih ada Nobel perdamaian dan sastra. Barrack Obama pernah menjadi peraih Nobel Perdamaian pada 2009 lalu.
           Banyak keuntungan yang di dapat dengan memenangi hadiah Nobel. Keuntungan dalam hal finansial. Karena hadiah uangnya cukup besar.  kemudian nama kita  menjadi pusat pembicaraan di seluruh dunia, dan masih banyak lagi keuntungan yang didapat.
           Pada awal Oktober 2011 lalu, telah dilaksanakan pengumuman Pemenang Nobel 2011. Pengumumannya dilakukan secara berangsung – angsur selama 1 minggu. Diawali oleh bidang Kedokteran dan diakhiri oleh pengumuman di bidang ekonomi. Sedangkan, upacara penyerahan Penghargaannya akan dilaksanakan pada tanggal 10 Desember 2011

 1. Nobel Kedokteran


      Penghargaan Nobel bidang kedokteran 2011 diumumkan pada tanggal 3 Oktober 2011 dan dimenangkan oleh 3 orang ilmuwan asal Eropa, yaitu Bruce A. Beutler, Jules A. Hoffmann, Ralph M. Steinman atas penemuannya yang luar biasa mengenai “sistem kekebalan tubuh”. Hasil penemuan mereka membuka peluang baru bagi perkembangan pencegahan dan terapi terhadap infeksi, kanker dan sakit radang.
           Pada pengumuman Nobel Kedokteran kali ini, disertai pula dengan berita duka,  pasalnya salah seorang pemenang yaitu Ralph Steinman meninggal dunia 3 hari sebelum pengumuman.

2. Nobel Fisika 

Dari kiri ke kanan : Adam G Riess, Brian P. Schmidt, Saul Perlmutter (Peraih penghargaan Nobel Fisika 2011)

     Penghargaan Nobel Fisika 2011 diumumkan pada tanggal 4 Oktober 2011. Nobel Fisika 2011 diraih oleh 3 ilmuwan asal Amerika Serikat, Saul Perlmutter, Brian P. Schmidt, dan Adam G. Riess atas penemuannya mengenai “Percepatan pengembangan alam semesta melalui pengamatan supernova”. Sebenarnya, hampir seabad lalu, para ilmuwan telah mengetahui mengenai alam semesta yang terus meluas, sebagaimana yang telah dijelaskan dalam teori big bang. Hanya saja, mereka mengira alam semesta yang mengembang ini tidak dipercepat dalam proses pengembangannya, tetapi diperlambat karena adanya gravitasi. Kenyataannya justru tidak demikian. Analisis oleh para peraih Nobel ini terhadap bintang yang sangat jauh dari Bumi menunjukkan bahwa alam semesta mengembang dengan dipercepat.

3. Nobel Kimia


Prof. Daniel Shechtman

         Penghargaan Nobel Kimia 2011 diumumkan pada tanggal 5 Oktober 2011. Nobel Kimia 2011 diraih oleh ilmuwan asal Israel yaitu Prof. Daniel Shechtman. Dia dianugerahi Nobel Kimia 2011 atas penemuan “Quasicrystals”. Yaitu suatu struktur kimia yang berbentuk mosaik, yang semula dianggap mustahil untuk diciptakan. Dia membuktikan, bentuk struktur kristal kuasi pun tidak simetris melingkar, tetapi beragam bentuk mulai dari mosaik Islami sampai simetris pentagonal, yang dianggap ilmuwan kimia dunia lainnya, hal itu tidak mungkin terjadi. Shechtman telah memulai penelitiannya sejak tahun 1982.

4. Nobel Sastra

Thomas Transtromer
           Penghargaan Nobel sastra 2011 diumumkan pada tanggal 6 Oktober 2011. Nobel Sastra 2011 diraih oleh seorang sastrawan asal Swedia Thomas Tranströmer. Dia adalah seorang penulis, penyair, dan penerjemah. Puisi – puisi karya nya telah diterjemahkan ke dalam lebih dari 60 bahasa.  karena puisinya penuh dengan imajinasi dan emosi, serta berisi hal-hal yang tak disangka-sangka.
Penyair berusia 80 tahun itu sering membuat karyanya penuh dengan disorientasi dan menyegarkan. Penyair terkenal di kawasan Skandinavia itu juga disebut-sebut "master of mysticism", yang sering mempersembahkan kesadaran seperti mimpi.

5. Nobel Perdamaian



      Penghargaan Nobel perdamaian  2011 diumumkan pada tanggal 7 Oktober 2011. Nobel perdamaian 2011 diraih oleh 3 orang wanita asal Afrika dan timur tengah. Penghargaan  Nobel perdamaian diberikan kepada Presiden Liberia Ellen Johnson-Sirleaf, aktivis Liberia Leymah Gbowee, dan jurnalis wanita Tawakkul Karman. Mereka diberi penghargaan Nobel perdamaian 2011 atas perjuangan tanpa kekerasan mereka untuk hak-hak perempuan.

6. Nobel Ekonomi 



     Penghargaan Nobel Ekonomi 2011 diumumkan pada tanggal 10 Oktober 2011. Nobel Ekonomi 2011 diraih oleh 2 orang ahli ekonomi asal Amerika Serikat yaitu Thomas J Sargent dan Christopher A Sims. Mereka dianugerahi Nobel Ekonomi 2011 berkat kerja keras mereka untuk riset empiris mereka pada sebab dan akibat dalam makroekonomi”.

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...